FASI Kabupaten Merauke Siap Merekrut Atlit dari Kalangan Umum

FASI Kabupaten Merauke Siap Merekrut Atlit dari Kalangan Umum

  BERITA

img-1546990759.jpg

atlit Paralayang Merauke saat mengikuti kejuaraan tingkat nasional 2016


Merauke, KONI - Sempat vakum, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) kembali hadir di Merauke. Mengantongi SK dari FASI Provinsi Papua semakin menggiatkan FASI Kabupaten Merauke mengimplementasikan tugasnya sebagai sarana/wadah pengembangan kemampuan dan penyaluran minat/bakat bagi para pecinta olahraga dirgantara (Ordirga).

Wakil sekretaris FASI Kabupaten Merauke, Serma Pamudi Wiyono mengatakan, ada empat cabang olahraga (cabor) dirgantara yang ditawarkan FASI kabupaten Merauke antara lain, aeromodeling, para layang, para motor dan microlight trike.

"Sampai sekarang olahraga ini seolah olahraga khusus unsur udara saja, padahal tidak. Terbuka untuk umum, " tegas pilot (atlit Ordirga) ini, Jumat (4/1/2019) yang disadur dari koran Harian Pagi Papua Selatan Pos.


img-1546990202.jpg.

Atlit (Pilot) Aeromodeling Merauke


Menurut Serma Wiyono, sosialisasi Ordirga sudah dilaksanakan lewat acara demonstrasi-demonstrasi udara saat atlit ordirga Merauke melaksanakan latihan baik di area kota yakni Bandar udara Mopah Merauke maupun di kampung seperti Amun Kay, Distrik Tanah Miring dan Jagebob VIII.

Selain itu, pihak Lanud Merauke telah menggerakkan Pembinaan Potensi Dirgantara dengan program kerjanya memasukkan materi Ordirga bagi para pelajar khususnya pramuka yang tergabung dalam Saka Dirgantara. 

Dia mengakui, eksistensi paling menonjol cabor dirgantara di Merauke saat ini adalah aeromodeling dan paralayang. Dengan peminat yang cukup besar namun masih perlu digenjot agar masyarakat mudah menjangkau Ordirga tersebut.

"Di Merauke, khusus aeromodeling, paralayang dan paramotor ada potensinya bisa dibangun dengan catatan pengawakan yang harus didasari dengan jam terbang yang tinggi, " tuturnya.

Satu catatan penting, Merauke yang memiliki kondisi geografis flat (dataran rendah), mempengaruhi pergerakan angin yang cenderung selalu besar diatas rata-rata batas angin antara 4-10 not namun bisa ditemukan di bulan atau jam tertentu.

Seperti bulan Desember itu tidak diperbolehkan pelaksanaan Ordirga akibat cuaca yang ekstrim. Oleh karenanya, ada kriteria bagi atlit yang ingin bergabung dalam Ordirga yang mengandung unsur resiko tinggi.

"Kriteria mutlak yaitu kesehatan, fisik dan mental. Didalamnya ada tes khusus psikotes, penguatan ilmu alam (pengenalan cuaca meteorologi), " ungkap Serma Wiyono.

Dia berharap, masyarakat kalangan umum yang berminat dengan Ordirga bisa menghubungi atau datang langsung di sekretariat umum FASI Kabupaten Merauke di Lanud J.A Dimara.

"Ada target masyarakat Merauke bisa jadi atlit Ordirga dan di aeromodeling kami punya satu atlit kelas nasional An. Nardianto bidikannya terjun kembali di kancah nasional, " tandasnya. (HIDA)

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Selamat buat KONI Merauke atas lounching website nya, semakin maju dan terdepan dlm dunia olah raga.... selengkapnya

-dicto travel

Jl Suka Wrna... selengkapnya

-Christina

It Nice... selengkapnya

-Christina

Facebook

Twitter

Kontak

Bantuan

Subscribe

Back to Top